Pengertian dan Keutamaan Ramadlan

Assalamu’alaikum wr wb

Alhamdulillah dalam kesempatan kali ini saya, ube(ustadz benny)😛 akan sedikit membagi ilmu kepada blogger semua. Ilmu yang ingin saya bagikan disini adalah berkaitan dengan bulan Ramadlan, langsung saja cekidot gan😀

1. Pengertian Ramadlan

Kata Ramadlan yang jamaknya Ramadlanah artinya adalah sangat terik atau panas membakar. Menurut Zamansyari dalam Rowai’ul Bayan, halaman(190) istilah ini didasarkan atas kebiasaan menamai bulan sesuai dengan iklim yang dilaluinya karena pada bulan tersebut kondisi Arab sangat panas sekali yang membakar tumbuhan dan pasir, maka dinamakan dengan Ramadlan.

Akan tetapi dalam al Quran, sebutan Ramadlan berkaitan dengan misi risalah dan program pembinaan yang dikandungnya, seperti dalam ayat berikut:

Bulan Ramadlan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan al Quran untuk menjadi petunjuk bagi manusia dan penjelasan dari petunjuk-petunjuk tersebut dan pemisah antara yang hak dan yang bathil(dholal).(QS Al Baqarah:185)

Seperti itu pula junjungan yang mulia Nabi Muhammad SAW mendefinisikan Ramadlan berdasarkan kandungan hikmah di dalamnya, seperti:

Bulan Ramadlan adalah bulan yang diwajibkan oleh Allah atas kalian untuk bershiam dan aku mencontohkan kepada kalian untuk shalat di malam harinya…(HR Ibnu Majah dan Baihaqi dari Abdurrahman bin Auf)

2. Keutamaan Ramadlan

Agar kita dapat memahami berbagai keutamaan Ramadlan, dapat digali dari berbagai hal, antara lain berdasarkan peristiwa-peristiwa penting yang dikandungnya, sebutan atau nama yang disandangnya serta rujukan al Quran dan al Hadits yang memuat tentang keutamaan-keutamaannya. Nah di sini ube hanya akan sampaikan berdasarkan peristiwa yang dikandungnya

  • Kemenangan di Perang Badar

Dalam Nurul Yakin hal 109, menurut Ibnu Ishak perang Badar terjadi pada hari ke 17,19, dan 21 bulan Ramadlan, pada tahun kedua Hijriah(624 M) jadi shiam pertama untuk ummat Islam. Ummat Islam yang berjumlah 313 orang dapat mengalahkan 1000 orang kafir qurasy. Demikian kemenangan pun diperoleh pada Perjanjian Hudaibiyah, Perang Hunain dan Mu’tah dan Perang Tabuk.

  • Turunnya al Quran

Yaitu pada tanggal 17 Ramadlan, turunnya al Quran yang menjadi hidayah dan furqan(Ibnu Ishak dalam Nurul Yakin dan Ar Razi dalam tafsir Mafatihul Ghaibi)

  • Futuh Mekah

Tumbangnya berbagai kesombongan jahiliyah di Mekah dan bertekuk lutut atas kejayaan Islam, inipun terjadi di Bulan Ramadlan

  • Lailatul Qodar

Yaitu malam yang kemuliaannya 1000 bulan. Shaum wajib hanya di bulan Ramadlan dan diwajibkan 1 bulan penuh.

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.(QS Al Qadr:1-5)

One thought on “Pengertian dan Keutamaan Ramadlan

  1. Kunjungan rutin ke blog ini… hehehe🙂
    Saya Abed Saragih mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha

    ditunggu kunjungan dan komentar baliknya🙂
    salam persahabatan🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s